Apa Itu Asisten Virtual dan Apa Fungsinya?

Pekerjaan Asisten Virtual di Indonesia masih sangat sedikit yang kita ketahui. Satu yang saya ketahui adalah milik sebuah operator seluler di Indonesia. Kalau mau menggali lebih dalam, coba baca tulisan Tanya Veronika Asisten Virtual Dari Telkomsel. Karena belum anyak, jadi saya berniat akan mengumpulkan semua pertanyaan yang paling sering diajukan tentang profesi ini, juga dikenal sebagai Asisten Virtual, atau asisten pribadi jarak jauh di blog ini.

Tanya Veronika Asisten Virtual

Apakah Anda seorang sekretaris yang bekerja dari rumah?

Tidak juga, karena tugas Asisten Virtual melampaui tugas sekretaris sederhana yang bekerja dari jarak jauh. Asisten Virtual adalah seorang profesional yang dapat memandu klien ke solusi yang ditargetkan untuk pertumbuhan bisnisnya.

Asisten Virtual adalah sosok profesional yang sangat serbaguna yang bergantung pada jenis pengalaman kerja sebelumnya, dapat melakukan berbagai jenis tugas. Asisten Virtual dapat menangani administrasi, kesekretariatan, penulisan web, dan manajemen media sosial atas nama klien mereka. Saya telah memilih untuk menawarkan layanan administratif kepada klien saya, berkat pengalaman saya sebagai Asisten Eksekutif dan Manajer Kantor.

Jenis pelatihan apa yang Anda miliki untuk peran Asisten Virtual?

Saya memiliki 15 tahun pengalaman sebagai Manajer Kantor dan Asisten Eksekutif, dan saya mengikuti kursus untuk menjadi Asisten Virtual bersertifikat.

Apakah Anda menggunakan alat khusus untuk bekerja dari rumah?

Berkat teknologi digital, mengelola tim atau kantor dari jarak jauh tidak hanya mungkin, tetapi juga sangat sederhana! Untuk pekerjaan saya sebagai Asisten Virtual, saya menggunakan Google Apps (Kalender, Gmail, Drive), tetapi juga perangkat lunak lain seperti Lastpass dan Trello. Sebaliknya, jika saya perlu berbicara langsung dengan pelanggan saya atau kolaborator dan pemasok mereka, saya lebih suka menggunakan telepon atau Skype.

Berapa jam seminggu Anda bekerja?

Menjadi Asisten Virtual freelance, saya memiliki kemungkinan untuk mengatur hari kerja sesuai dengan kebutuhan klien dan komitmen pribadi saya. Jika kami bekerja sama, kami akan menyetujui satu atau beberapa rapat Skype mingguan di mana kami akan memeriksa situasi dan merencanakan semua tindakan selanjutnya. Selain itu, untuk segala kebutuhan mendesak saya akan selalu tersedia melalui email atau Skype.

Apakah Anda akan bekerja secara eksklusif untuk saya?

Seperti semua freelancer, saya bekerja dengan beberapa klien, menjamin masing-masing klien komitmen tertinggi dan keandalan profesional. Bergantung pada paket yang Anda putuskan untuk dibeli, saya mendedikasikan jumlah jam yang diperlukan untuk tugas Asisten Virtual yang Anda percayakan kepada saya, menjamin Anda pekerjaan tepat waktu dan tepat. Privasi dan data sensitif Anda aman, karena saya mematuhi Kode Etik Virtually.

Jika saya tidak melihat Anda, bagaimana saya bisa yakin Anda akan bekerja untuk saya?

Tidak seperti karyawan, Asisten Virtual tidak perlu mengisi 8 jam sehari, dan bertujuan untuk meningkatkan kehidupan profesional dan pribadi Anda. Selain itu, kesuksesan profesionalnya juga bergantung pada komentar positif yang diungkapkan oleh kliennya. Komentar negatif dapat merusak reputasinya, menyebabkan dia kehilangan calon pelanggan.

Jika hari kerja karyawan juga terdiri dari penurunan produktivitas, gangguan, dan lebih atau kurang waktu istirahat yang diizinkan, Asisten Virtual bekerja untuk mencapai tujuan. Dia menjalankan tugasnya secepat dan seefisien mungkin, karena kesuksesannya bergantung pada Anda.

Seberapa cepat Anda bisa mulai bekerja untuk saya?

Saya bisa mulai meningkatkan rutinitas kerja Anda dalam waktu seminggu. Setelah rapat gratis pertama di Skype, dalam beberapa hari saya akan mengirimi Anda penawaran dengan ringkasan aktivitas yang diminta, metode, dan biaya layanan Asisten Virtual saya.

Setelah kutipan disetujui, saya akan meminta Anda untuk menandatangani perjanjian konsultasi yang mengatur persyaratan kolaborasi kami dan melindungi privasi dan data sensitif Anda. Pada tahap ini, Anda dapat membayar setoran yang telah disepakati sebelumnya dan kami akan menjadwalkan pertemuan singkat di Skype, di mana Anda akan memberi saya semua informasi yang diperlukan untuk memulai pekerjaan saya sebagai Asisten Virtual.

Tinggalkan komentar